BNPP Tingkatkan Keterampilan Petugas PLBN Dalam Pemeriksaan Orang dan Barang

BNPP Tingkatkan Keterampilan Petugas PLBN Dalam Pemeriksaan Orang dan Barang

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melaksanakan kegiatan Bimtek untuk petugas pengamanan dan teknisi dilingkungan Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan keterampilan teknis bagi petugas pengamanan dan teknisi di PLBN.

Dalam kegiatan ini BNPP menggandeng Safety Security Training Development Agency (SSTDA), salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Training Aviation Security. Petugas pengamanan dan teknisi diberikan materi oleh SSTDA meliputi bidang keamanan perbatasan khususnya untuk pemeriksaan orang, pemeriksaan barang–barang berbahaya, pengetahuan tentang pengoperasian dan perawatan dasar mesin X-ray.

Sebanyak 40 peserta yang terdiri dari seluruh petugas pengamanan dan teknisi PLBN serta Kantor Pusat mengikuti kegiatan ini selama tiga hari yaitu tanggal 12-14 November 2020 di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Metode pembelajaran dibagi menjadi dua yaitu teori di kelas dan praktek simulasi Computer Based Training (CBT) tentang pengenalan barang-barang berbahaya, praktek pengoperasian di mesin X-ray beserta dasar perawatannya," ujar Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, dalam laporannya, Sabtu (14/11/2020).

Lebih lengkapnya materi yang diberikan kepada petugas pengamanan dan teknisi PLBN yaitu materi tata cara dan etika pemeriksaan orang, pengetahuan barang-barang berbahaya (DG), simulasi pemeriksaan barang melalui CBT, interpretasi dasar mesin X-ray, practical operation mesin X-ray, dan practical basic maintenance mesin X-ray, serta dilakukan assessment.

BNPP bersama SSTDA mendatangkan tiga narasumber sekaligus instruktur sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Ketiga narasumber tersebut terdiri dari ahli dalam bidang keamanan penerbangan, ahli dalam bidang DG dan kargo, dan ahli dalam bidang operating dan maintenance mesin X-ray.

"Jumlah peserta yang mengikuti dari seluruh PLBN dan Kantor Pusat sebanyak 40 Peserta dan kami sangat berharap agar petugas pengamanan dan teknis bisa meningkatkan kemampuannya dalam pemeriksaan orang dan barang serta mengatasi secara dasar tentang Perawatan Mesin X-ray setelah Bimtek ini dilakukan", tambahnya.

Keterampilan petugas PLBN perlu terus ditingkatkan untuk menciptakan sumber daya manusia yang ahli/kompeten dalam menangani segala hal yang berhubungan dengan keamanan di perbatasan negara, yaitu mengimplementasikan peraturan keamanan perbatasan yang berlaku dan mampu menghadapi tindakan gangguan melawan hukum terhadap operasional yang terdapat di PLBN.

 

(Humas BNPP)